Jumat, 28 September 2018

KEPO GELAR PESTA DEMOKRASI

www.smkn1sanggau.sch.id - Kembali di tahun pelajaran 2018/2019 untuk kali kedua KEPO (Komisi Event Pemilihan Osis) SMK Negeri 1 Sanggau menggelar pesta demokrasi untuk pemilihan Ketua OSIS untuk masa bhakti 2018/2019. Kegiatan ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran politik sekaligus menanamkan pemahaman demokrasi, demikian disampaikan Pembina KEPO, Selvinus Seringo, yang juga sebgai guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SMK Negeri 1 Sanggau.

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS ini begitu demokratis selayaknya seperti Pemilukada maupun Pilpres. Melalui tahapan Pendaftaran Calon, Verifikasi Data, Cabut Undi Nomor Calon Pasangan, dan Penetapan calon serta kampanye terbuka yang dikikuti oleh siswa-siswi lainnya sebagai pemilih. Dengan masa tenang selama sehari, kemudian dilakukan pemilihan langsung.

Pembina Harian OSIS SMK Negeri 1 Sanggau, Ermilah, S.Pd. menyampaikan, model seperti ini bagus karena negara kita juga setiap lima tahun melangsungkan pemilihan umum.
Suasana kampanye salah satu pasangan calon
Angel, yang ditunjuk sebagai Ketua KEPO mengatakan, Pemilu yang diikuti dua pasangan calon dirancang khusus ntuk memperkenalkan kepada teman-teman tentang pemilu dan iklim demokrasi di negara kita. Sebanyak lima TPS disiapkan lengkap dengan bilik dan kotak suara, kertas suara beserta foto masing-masing pasangan calon dan nomor urut telah disiapkan sebelumnya. Serta tidak ketinggalan tinta celup sebagai tanda siswa telah memberikan suaranya di TPS. Pemungutan suara dilaksanakan pada hari Kamis, 27 September 2018, di SMK Negeri 1 Sanggau di lima Tempat Pemungutan Suara dan langsung dilakukan penghitungan suara pada hari itu juga.

Pasangan Nomor Urut 1, Septian dan Eviana Tika, masing-masing dari kelas XI AKL-2 dan XI OTP-2) berhasil meraih suara terbanyak dibanding pasangan Nomor Urut 2, Melly Eliyani dan Yustinus Heri, dari kelas XI TKJ dan XI AKL-3. Dengan maraih suara sebanyak 457 dari 771 suara sah, mengantarkan pasangan Septian dan Eviana Tika menuju ke kursi Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMK Negeri 1 Sanggau masa bhakti 2018/2019.

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh, baik dari siswa, guru, staf TU, dan juga Kepala Sekolah. Diungkapkan oleh Kepsek SMK Negeri 1 Sanggau, Alimin, S.Pd. bahwa aktivitas pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS digelar sebagaimana pemilu pada umumnya guna memberi pemahaman dan pembelajaran langsung seperti pemilukada, untuk itu dikenal sejak dini kepada siswa/siswi agar bisa menggunakan hak suaranya dengan bijak. Selamat kepada pemenang, pungkasnya.

Penghitungan suara diikuti pemilih dan beberapa saksi

Salah satu TPS


Tidak ada komentar: