Senin, 28 Agustus 2017

Latihan Manasik Haji



Kerohanian Islam Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Sanggau, menggelar Latihan Manasik Haji dengan tema "Menumbuhkan semangat Haji sejak dini," Minggu, 27 Agustus 2017. Praktik Manasik Haji ini dilakukan di halaman SMK Negeri 1 Sanggau sebagai tambahan ekstrakulikuler bagi siswa/i yang beragama Islam, setelah sebelumnya mendapatkan bimbingan secara teori.

Dijelaskan oleh Saini, S.Pd.I. selaku Pembina Kerohanian Islam SMKN 1 Sanggau, sebanyak 150 siswa dari 320 dibimbing melaksanakan manasik Haji secara tertib, agar kelak para siswa/i memiliki harapan dan keinginan untuk melaksanakan Rukun Islam yang ke lima, untuk menunaikan ibadah Haji ke tanah suci bila nantinya mampu.

Jenis praktek manasik haji yang di ikuti para siswa/i seperti praktek manasik wukuf di arafah, melempar jumroh, tawaf, dan sa'i. Khusus untuk manasik Haji, siswa terbagi menjadi dua kelompok terdiri dari dari laki-laki dan perempuan yang dibimbing langsung oleh ustad H. Qomar dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Kabupaten Sanggau. Selain Manasik Haji, siswa juga diajarkan melaksanakan umroh, sehingga bisa mempraktekkan tahapan ibadah Haji dengan benar, lanjut Saini.

Kegiatan yang dimulai dari pukul 07.30 dan berakhir pukul 14.00 in mendapatkan respon positif dari para siswa/i yang mengkutinya dengan sangat antusias.

Tidak ada komentar: